Minggu, 16 Juni 2013

Betapa Kecilnya Manusia…

“Mari kita ulas balik sejarah alam semesta dari Big Bang hingga saat ini dengan mengubah skala waktunya menjadi rentang waktu satu tahun untuk kemudahan. Pada skala ini, Big Bang terjadi tepat pada momen pertama tanggal 1 Januari, kemudian tata surya terbentuk sekitar tanggal 9 September, dan batu-batuan tertua yang dapat kita amati di Bumi tercipta sekitar awal bulan Oktober. Lalu, kapan kira-kira asal mula kehidupan manusia pada rentang tahun kosmik ini? Jawabannya adalah saat petang hari tanggal 31 Desember! Sistem alfabet tidak dibuat hingga detik ke-50 pada pukul 11.59 p.m. tanggal 31 Desember. Dan awal mula astronomi modern terjadi pada sepersekian detik sebelum akhir tahun.”
(Diterjemahkan dengan sedikit perubahan dari bab Prologue, buku Abell’s Exploration of the Universe, edisi ketujuh, karya D. Morrison, S. Wolff, dan A. Fraknoi.)
Jika dibandingkan dengan kurun waktu dunia saja kehidupan kita sudah sedemikian sempitnya, apalagi jika dibandingkan dengan akhirat??? Sungguh rugi orang-orang yang mementingkan dunianya daripada akhiratnya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar